Apakah spirulina aman digunakan untuk kulit sensitif?

Apakah spirulina aman digunakan untuk kulit sensitif? Kamu harus tahu fakta-fakta seputar spirulina dibawah ini!

Apakah kamu sudah tidak asing dengan istilah spirulina? Sekarang-sekarang ini spirulina sedang banyak dibicarakan di berbagai forum loh karena khasiatnya. Terutama untuk masalah kulit. Banyak sekali masalah kulit yang bisa terselesaikan hanya dengan menjadikan spirulina sebagai masker. Salah satunya adalah dalam mengatasi kulit sensitif.

Namun apakah masker spirulina aman untuk kulit sensitif? Cari tahu fakta-fakta spirulina dibawah ini!

Apakah spirulina aman digunakan untuk kulit sensitif?

Situs alodokter.com menyebutkan, bahwa spirulina adalah salah satu spesies dari cyanobacteria, tanaman ganggang berpigmen hijau-kebiruan, yang bisa dikonsumsi manusia.  Spirulina tumbuh di perairan tropis dan subtropis yang memiliki kandungan garam tinggi. Namun, ada juga beberapa spesies lain yang tumbuh di danau air tawar. Jenis tanaman laut ini memiliki beragam kandungan yang baik untuk tubuh manusia seperti:

  • Protein sebesar 4 gram
  • Vitamin B1 (Thiamin) sebanyak 11 persen dari tunjangan diet yang direkomendasikan atau recommended dietary allowance/RDA
  • Vitamin B2 (Riboflavin) sebanyak 15 persen dari RDA
  • Vitamin B3 (Niacin) sebanyak 4 persen dari RDA
  • Tembaga sebanyak 21 persen dari RDA
  • Zat besi sebanyak 21 persen dari RDA
  • Takaran ini juga mengandung 20 kalori, 1,7 gram karbohidrat, dan sejumlah magnesium, kalium, serta nutrisi lainnya.

Namun walaupun memiliki berbagai macam vitamin dan zat yang baik untuk tubuh manusia, kamu harus memperhatikan juga cara penggunaan/ cara mengkonsumsinya agar manfaatnya dapat terasa. Untuk menjadikan spirulina sebagai masker perawatan wajah, cukup menggunakannya 2-3x dalam seminggu saja, tidak perlu sampai setiap hari. Karena kulit membutuhkan ruang untuk meregenarasi setelah kamu menggunakan spirulina sebagai masker. Dilansir dari doktersehat.com, kalau memakainya setiap hari, justru malah akan berdampak negatif pada kulit seperti alergi.

Apakah semua jenis kulit cocok memakai spirulina?

Ya, semua jenis kulit cocok memakai spirulina sebagai masker. Namun kamu tetap harus hati-hati dalam memakainya. Jika setelah pemakaian masker malah muncul ruam/kemerahan pada kulitmu (terutama kulit sensitif), sebaiknya hentikan pemakaian dan berkonsultasilah pada dokter kulit. Berarti spirulina gak aman untuk kulit sensitif? Tidak begitu juga. Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa semua jenis kulit cocok memakai spirulina. Itu jika kamu memakai masker spirulina secara teratur, dan yang paling penting, gak pakai produk abal-abal alias palsu. Hati-hati ya saat kamu hendak membeli produk spirulina!

Cara penggunaan masker spirulina yang baik dan benar

Setelah mengetahui faktanya apakah masker spirulina aman untuk semua jenis kulit, kamu tak perlu ragu lagi jika ingin memilih spirulina sebagai pilihan skincare alamimu. Namun kamu tetap perlu memperhatikan dengan seksama ya saat memilih produk spirulina. Jangan sampai pilih yang kw alias palsu!

Lalu gimana cara pakai spirulina sebagai masker? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Bersihkan wajah dengan air bersih atau sabun pencuci muka lalu keringkan
  2. Sambil menunggu kering buatlah masker caranya dengan menuangkan 2 buah serbuk di dalam kapsul ke dalam mangkuk kecil kemudian campurkan air secukupnya/bahan alami lain.
  3. Oleskanlah pada area wajah/kulit secara merata dan tunggu kurang lebih 15-20 menit sampai kering
  4. Setelah dirasa cukup bilaslah dengan menggunakan air hangat sampai bersih lalu keringkan dengan handuk halus.
  5. Pergunakan 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

Nah sudah terjawab kan apakah masker spirulina aman dipakai setiap hari? Semoga informasi ini bermanfaat!

Halo! Klik salah satu CS dibawah untuk melakukan chat via WhatsApp.

( BELI SEKARANG GRATIS KUAS + MANGKOK ) Order via WhatsAppChat Sekarang
+ +